Tutorial Screencast

A screencast is a digital recording of computer screen output, also known as a video screen capture, often containing audio narration. [Wikipedia].

Maka screencast adalah hasil dari merekam layar komputer menjadi video.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam melakukan screencast mandiri menggunakan Microsoft Office 2013 atau Microsoft Office 2016.

Buka berkas slide presentasi PowerPoint.

Tutorial_1

Pastikan slide presentasi yang Anda buat mudah dipahami dan tidak terlalu panjang. (maksimum 10 menit)

Buka menu File – Export – Create Video

Tutorial_2

Akan ada dua menu pilihan.

Pilih Presentation Quality untuk pilihan pertama.

Tutorial_3

Pilih Record Timing and Narations untuk pilihan kedua.

Sehingga akan muncul jendela berikut,

 

Tutorial_4

Untuk mendapatkan screencast yang berkualitas, pastikan syarat berikut terpenuhi.

  • Gunakan microphone atau microphone headset. Jangan gunakan microphone internal Laptop.
  • Rekam di ruangan yang tidak ada gangguan suara lain.
  • Sediakan script atau catatan sehingga pada proses perekaman tidak lupa atau kelebihan waktu

Bila Anda sudah siap, klik tombol Start Recording.

Tutorial_4-1

Anda mulai merekam presentasi. Jika Anda ingin mengambil jeda, klik tombol Pause. Untuk melanjutkan klik tombol Play.

Setelah selesai presentasi, Anda bisa menutup presentasi tersebut.

Simpan hasil video tersebut.

Tutorial_5

Tutorial_6

Klik tombol Create Video, kemudian simpan berkas video tersebut. Apabila ingin mengulang, silakan ulangi proses dari awal.